KPUD Natuna Tidak Membedakan Mekanisme Pendaftaran Parpol Lama Maupun Parpol Baru

Memo-86,Natuna
Komisi Pemilihan Umum Daerah (KUPD) Kabupaten Natuna mengadakan acara Bimbingan Teknis verifikasi dan penetapan partai politik peserta pemilu tahun 2019. Acara tersebut diadakan di Natuna Hotel, senin (27/11).

Affuandris mengatakan, Kegiatan ini dianggap perlu karena menyangkut nyawa partai politik ataupun syarat-syarat agar bisa berkompetisi di pemilu 2019.

“Acara ini adalah bimbingan teknis terkait dengan pendaftaran, penelitian administrasi dan penelitian faktual partai politik calon peserta pemilu,” kata Affuandris

Affuandris menuturkan, pandaftaran parpol harus memenuhi seluruh syarat kelengkapan dokumen pendaftaran kepada KPU.

Adapun kelengkapan dokumen tersebut berupa daftar nama anggota parpol, fotokopi kartu tanda penduduk elektronik, kartu tanda anggota parpol, serta surat keterangan anggota parpol yang diserahkan kepada KPU Kabupaten Natuna.

Sebelum daftar ke KPU, parpol wajib mengunggah dokumen-dokumen persyaratan pendaftaran ke dalam sistem informasi partai politik atau sipol. Lalu, parpol harus mencetak dokumen itu. Hal tersebut untuk mencegah perbedaan dokumen yang di sipol dan hardcopy.

Setelah dilakukan perbaikan administrasi oleh parpol, maka akan dilakukan penelitian administrasi dan verifikasi faktual. Verifikasi faktual diantaranya adalah jumlah dan susunan pengurus, pemenuhan untuk wakilkan 30 persen perempuan pada kepengurusan, domisili kantor, pemenuhan keanggotaan minimal 74 orang.

“Apabila persyaratan tidak terpenuhi maka itu berakibat lolos atau tidak lolosnya partai politik sebagai calon peserta pemilu 2019”.,Ujarnya.

Ia mengatakan, KPU tak membedakan perihal mekanisme pendaftaran partai calon peserta pemilu baik parpol lama maupun parpol baru.

Affuandris menghimbau agar partai politik yang ikut menjadi calon peserta pemilu untuk tetap menjaga kerjasama yang baik dengan KPU, sehingga pemilu yang akan datang berjalan dengan baik dan sukses.

Acara berlangsung selama satu hari ini berjalan lancar dan dihadiri komisioner, Kepala Bakesbangpolda Natuna, partai politik dan panwaslu. (Rian/jp)

Facebook Comments
Sebarkan Berita ini:

Related posts